Analisis Hubungan Ilmu Aswāt dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Keywords:
ilmu Aswāt, keterampilan berbicara, hubunganAbstract
Ilmu Aswāt sebagai cabang fonetik dalam linguistik Arab memiliki peran krusial dalam pembentukan keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara penguasaan ilmu Aswāt dan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, artikel ini menelaah kontribusi teori makhārij al-ḥurūf dan ṣifāt al-ḥurūf terhadap produksi ujaran yang fasih dan benar. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman yang baik terhadap ilmu Aswāt berdampak langsung terhadap kecakapan artikulasi, kejelasan fonem, dan kelancaran komunikasi lisan dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, integrasi ilmu Aswāt dalam pengajaran keterampilan berbicara sangatlah penting untuk mencapai kefasihan yang sesuai kaidah fonetik bahasa Arab.