Implementasi Teori Konstruktivisme Jean Piaget dalam Pendekatan Psikologi Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Nor Hafizah Indah Fauziah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Author
  • Usman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Author
  • Muhamad Hafiz Anshari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Author

Keywords:

Teori Konstruktivisme, Jean Piaget, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang penerapan teori konstruktivisme menurut Jean Piaget. Adapun tujuannya yaitu diharapkan mampu untuk mencermati cara belajar siswa serta mengimplementasikan dan bagaimana kerja berpikir siswa agar dapat belajar sesuai minat dan bakat nya sehingga pembelajaran tidak membosankan dan menjadi menyenangkan. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), untuk mengumpulkan dari berbagai sumber yaitu buku, jurnal, artikel, dan beberapa karya ilmiah lainnya yang berhubungan dengan pemabahasan ini. Kemudian dari sumber-sumber itu, mengulas, menganalisis dan diurarkan sehingga memunculkan teori konstruktivisme menurut Jean Piaget dari penerapannya, ciri-ciri teori konstrutivisme hingga dengan prinsipnya. Jadi makna pembelajaran menurut teori kontruktivisme yaitu proses belajar dimana siswa membangun pengetahuan baru, gagasan baru dan pemahaman baru secara aktif berdasarkan data. Hal ini bertujuan agar siswa mempunyai wawasan yang bermakna. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, guru harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik agar tujuan belajar tercapai.  dari penjelasan di atas teori kontruktivisme mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun hasil penelitian ini pembelajaran anak disekolah dasar memerlukan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan kognitifnya. Teori konstruktivisme menurut Jean Piaget menawarkan pendekatan psikologis yang kuat untuk merancang proses pembelajaran yang berpusat pada anak. konstruktivisme menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan minat belajar, kemampuan berpikir kritis, serta keterlibatan aktif anak dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30