MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN THAHA HUSEIN: STUDI KRITIS ATAS RELEVANSNYA TERHADAP KONTEKS KONTEMPORER
Keywords:
Thaha Husein, Pendidikan Islam, Modernisasi, ReformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Thaha Husein dalam bidang pendidikan sebagai bagian dari arus pembaruan Islam di dunia Arab modern. Alasan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana gagasan-gagasan kritis Thaha Husein terhadap sistem pendidikan tradisional khususnya Al-Azhar melahirkan dorongan reformasi yang berakar pada rasionalitas dan kebebasan berpikir. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Thaha Husein dikembangkan serta sejauh mana relevansinya terhadap sistem pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan tokoh dan dokumentasi terhadap karya-karya utama Thaha Husein. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah filsafat pendidikan Islam dengan analisis isi sebagai teknik analisis data. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah ditemukan konstruksi pemikiran pendidikan Islam ala Thaha Husein yang mendorong integrasi antara nilai-nilai keislaman dengan prinsip keilmuan modern, serta mampu menjawab tantangan pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini juga diharapkan memberi kontribusi teoritis dalam pengembangan model pendidikan Islam yang inklusif, humanis, dan berbasis nalar.