IMPLEMENTASI QUALITY ASSURANCE DAN QUALITY CONTROL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Keywords:
Penjaminan Mutu, Pengendalian Mutu, Peningkatan Mutu, Lembaga PendidikanAbstract
Lembaga pendidikan harus menyediakan layanan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Mutu pendidikan menjadi indikator utama dalam menentukan daya saing suatu negara, karena kualitas pendidikan berkaitan erat dengan pembentukan sumber daya manusia yang kompeten dan berkarakter. Dalam konteks manajemen pendidikan, dua pendekatan penting yang digunakan untuk menjaga dan meningkatkan mutu adalah Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC). Keduanya memiliki peran yang berbeda namun saling melengkapi dalam sistem peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. yang membahas penerapan Quality Assurance dan Quality Control di lembaga pendidikan Islam. Pendekatan kualitatif dipilih karena memberikan kerangka kerja yang sistematis dan objektif sekaligus membantu dalam mengidentifikasi praktik, tantangan, serta strategi yang digunakan dalam implementasi peningkatan mutu di Lembaga pendidikan. kesimpulannya Quality Control berfokus pada pengendalian mutu melalui evaluasi hasil pendidikan, termasuk pencapaian akademik peserta didik dan kinerja tenaga pendidik, yang dilakukan melalui asesmen dan audit internal. sedangkan, Quality Assurance lebih menekankan pada perencanaan, pengembangan kebijakan, serta pelaksanaan sistem mutu secara komprehensif. Kolaborasi antara Quality Assurance dan Quality Control memungkinkan lembaga pendidikan menciptakan sistem yang adaptif, responsif, dan unggul, baik secara akademik maupun dalam penguatan karakter peserta didik.