Analisis Penerapan SNP dan SNPT sebagai Upaya Penjaminan Mutu di Lembaga Pendidikan Aqobah

Authors

  • Akhmad Kanzul Fikri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Author
  • Agus Zainul Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung Author
  • Asyaril Muhajir UIN Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung Author

Keywords:

Standar Mutu, Standar Nasional Pendidikan, Pendidikan Tinggi, Tantangan Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan nasional, namun mutu pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai tingkat yang diharapkan. Artikel ini membahas upaya standardisasi pendidikan melalui delapan standar nasional yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta tantangan implementasinya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan (library research) sebagai metode utama. Data dikumpulkan melalui penelusuran literatur, dokumen resmi kebijakan pendidikan, serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tantangan utama terletak pada pemenuhan standar kompetensi lulusan, keterbatasan sarana dan prasarana, kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, serta sistem pengelolaan pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan membutuhkan komitmen kuat, evaluasi berkelanjutan, dan sinergi antar pemangku kepentingan untuk menjamin kepatuhan terhadap standar pendidikan nasional.Bottom of Form

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02