PEDOMAN PENULIS
Judul Naskah Artikel
Judul Naskah Artikel
[14 pt., Constantia Bold] maksimal 16 kata
Penulis Pertama1 [12 Pt. Constantia Bold]
Author’s affiliation1 [11 pt. Constantia]
Email [11 pt. Constantia]
Penulis Kedua2 [12 Pt. Constantia Bold]
Author’s affiliation2 [11 pt. Constantia]
Email [11 pt. Constantia]
Penulis Ketiga3 [12 Pt. Constantia Bold]
Author’s affiliation3 [11 pt. Constantia]
Email [11 pt. Constantia]
ABSTRACT (in English; 12 pt Constantia)
An abstract must be included in every article. The abstract only contains an explanation of the research (without images, tables, equations, or reference quotes), with a length of 200-250 words and written in one paragraph. Abstracts are written in two languages, namely English and Indonesian. The abstract structure includes: (1) Background: Relates the research question to a broader context and explains the research objectives; (2) Method: Briefly describe the method used; (3) Results: Summarize the main findings of the study; and (4) Conclusion: Presents the main conclusions or interpretations. Number of keywords 3-5 words. This keyword is required for computerization. Searching for research titles and abstracts is made easier with these keywords.
Keywords: maximum 5 keywords.
ABSTRAK (Bahasa Indonesia; 12 pt Constantia)
Kata Kunci: maksimal 5 kata kunci.
PENDAHULUAN (Constantia, size 12, 1 spasi)
Pendahuluan harus menjelaskan secara singkat latar belakang masalah yang diangkat dalam kajian. Di bagian ini, penting untuk menyampaikan alasan mengapa topik tersebut relevan untuk diteliti. Sajikan definisi serta diskusi yang komprehensif mengenai topik tersebut dan integrasikan pandangan dari literatur atau penelitian sebelumnya untuk mendukung, membantah, atau menunjukkan posisi kajian Anda. Jika perlu, tekankan hipotesis yang kontroversial atau berbeda. Selain itu, tujuan penelitian juga harus dijelaskan dalam bagian ini.
Untuk artikel yang akan diterbitkan di AL MIDAD: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Studi Keislaman, harus mengikuti format artikel sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh jurnal tersebut. Format artikel yang terdapat dalam Pedoman ini merupakan pedoman umum yang disepakati untuk AL MIDAD: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Studi Keislaman, yang menjadi gaya penulisan standar untuk jurnal ini.
METODE (Constantia, size 12, 1 spasi)
Metode penelitian disajikan dalam bentuk paragraf dengan maksimal 2 paragraf. Pada bagian ini, dijelaskan tentang pendekatan penelitian, jenis penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Penjelasan dalam bagian ini harus memberikan gambaran yang rinci mengenai penelitian yang telah dilaksanakan. Sebaiknya, hindari pengorganisasian penulisan dengan menggunakan “anak sub-judul” dalam bagian ini.
HASIL DAN PEMBAHASAN (Constantia, size 12, 1 spasi)
Bagian ini merupakan bagian utama dari artikel yang menyajikan hasil penelitian, dan biasanya menjadi bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil yang disampaikan dalam bagian ini adalah hasil "bersih," sehingga proses analisis data, seperti perhitungan statistik dan pengujian hipotesis, tidak perlu dijelaskan. Yang perlu dilaporkan hanyalah hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal, dan keduanya harus disertai dengan komentar atau pembahasan.
Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil menyajikan rincian dalam bentuk sub-sub topik yang terkait langsung dengan fokus penelitian dan kategori-kategori. Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan diperoleh; (3) menginterpretasikan temuan; (4) mengaitkan hasil penelitian dengan pengetahuan yang sudah ada; dan (5) menghasilkan teori baru atau memodifikasi teori yang ada.
Dalam menjawab rumusan masalah dan pertanyaan penelitian, hasil harus disimpulkan secara eksplisit. Penafsiran terhadap temuan dilakukan dengan logika dan teori yang relevan. Temuan di lapangan diintegrasikan dengan hasil penelitian sebelumnya atau dengan teori yang telah ada, dengan rujukan yang diperlukan. Ketika memunculkan teori baru, teori lama dapat dikonfirmasi atau ditolak, dan beberapa mungkin memerlukan modifikasi.
Gambar dan Tabel [12 pt. Constantia]: Tempatkan label tabel di atas tabel, sedangkan label gambar diletakkan di bawah gambar. Tulis tabel dengan spesifik, seperti Tabel 1, dan seterusnya.
SIMPULAN (Constantia, size 12, 1 spasi)
Simpulan menyajikan ringkasan dari hasil dan pembahasan yang mengacu pada tujuan penelitian. Dari kedua aspek tersebut, dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang mencerminkan esensi dari temuan penelitian. Kesimpulan ini sebaiknya ditulis dalam rentang 250-300 kata dan maksimal terdiri dari 2 paragraf.
DAFTAR RUJUKAN (Constantia, size 12, 1 spasi)
Referensi harus dikutip baik dalam teks maupun dalam daftar referensi, mengikuti gaya Modern Humanities Research Association 4rd edition (note with bibliography). Jika referensi tidak diformat dengan benar, editor akan mengembalikan kiriman Anda untuk diperbaiki. Penulis disarankan untuk menggunakan perangkat manajemen referensi seperti Zotero, Mendeley, atau Catatan Akhir.
Pastikan bahwa semua informasi dalam manuskrip yang diambil dari sumber lain didukung dengan kutipan referensi dalam teks. Daftar pustaka harus mencakup minimal 20 referensi, dengan semua kutipan diambil dari publikasi terbaru, yaitu terbitan dalam 10 tahun terakhir.
- Nenden Anggi Rustami, Nuraedi, and Taufani Chusnul Kurniatun, ‘Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Indonesia’, Jurnal ADPEND Tata Kelola Pendidikan, 1.1 (2016), p. 44 <http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254>.
- Dedi Wahyudi and Novita Kurniasih, ‘Narasi Perempuan Dan Literasi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0’, SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3.1 (2021), p. 1, doi:10.32332/jsga.v3i1.3286.
- Made Dharmawati, Kewirausahaan (Rajagrafindo Persada, 2016)
- Sulistyorini and Muhammad Faturrohman, Esensi Manajemen Pendidikan Islam (Kalimedia, 2016).
Dharmawati, Made, Kewirausahaan (Rajagrafindo Persada, 2016)
Rustami, Nenden Anggi, Nuraedi, and Taufani Chusnul Kurniatun, ‘Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Indonesia’, Jurnal ADPEND Tata Kelola Pendidikan, 1.1 (2016), p. 44 <http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254>
Sulistyorini, and Muhammad Faturrohman, Esensi Manajemen Pendidikan Islam (Kalimedia, 2016)
Wahyudi, Dedi, and Novita Kurniasih, ‘Narasi Perempuan Dan Literasi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0’, SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3.1 (2021), p. 1, doi:10.32332/jsga.v3i1.3286