KEPEMIMPINAN DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Keywords:
Kepemimpinan, supervisi PendidikanAbstract
Guru atau pendidik tidak akan luput dari kesalahan, kekurangan, atau tantangan dalam proses belajar mengajar apabila program supervisi di lembaga pendidikan Islam tidak berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi kepemimpinan dalam pengawasan pendidikan Islam. Strategi kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran pengawasan yang meliputi penilaian kemampuan guru agar program supervisi dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru. Oleh karena itu, agar dapat berkembang, tugas kepala sekolah sebagai supervisor menuntut kecermatan dan kecerdasan kepala sekolah dalam menilai hal-hal yang baik sesuai dengan visi dan tujuan sekolah. Pada hakikatnya, kepemimpinan pendidikan adalah aktor yang mengawasi strategi yang diterapkan di dalam suatu organisasi atau lingkungan pendidikan. Komponen utama dari proses pendidikan adalah lembaga pendidikan, dan hasil pendidikan dapat dianggap bermutu tinggi dan efisien. Tugas pengawasan tidak diragukan lagi penting bagi pertumbuhan sekolah atau lembaga pendidikan yang menghasilkan output bermutu tinggi, kinerja guru profesional, dan prestasi sekolah atau lembaga pendidikan yang membanggakan.