Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Berbasis Pembelajaran Efektif
Keywords:
Evaluasi, Supervisi Pembelajaran, Pembelajaran EfektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik dalam pelaksanaan supervisi berbasis pembelajaran efektif. Supervisi berbasis pembelajaran efektif merupakan suatu proses pembinaan dan pengembangan profesional tenaga pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengunakan metode library research untuk menganalisis berbagai literatur yang relevan yang terkait pelaksanaan supervisi berbasis pembelajaran efektif, mulai dari menganalisis konsep dasar dari supervisi berbasis pembelajaran efektif, kerangka evaluasi yang meliputi aspek yang dievaluasi dalam proses pelaksanaan supervisi berbasis pembelajaran efektif, lalu indikator keberhasilan dalam pelaksanaan supervisi berbasis pembelajaran efektif serta instrumen evaluasi dalam pelaksanaan supervisi berbasis pembelejaran efektif dan penelitian ini juga memahas terkait problematika dan upaya dalam evaluasi pelaksanaan supervisi berbasis pembelajaran efektif. Hasil menunjukkan bahwa supervisi berbasis pembelajaran efektif memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, implementasi supervisi ini masih menghadapi berbagi prolematika dalam pelaksanannya, kurangnya komitmen dari kepala sekolah atau pengawas, keterbatasan waktu, minimnya dukungan dari tenaga pendidik lainnya, serta keterbatasan anggaran. Tentunya diperlukan upaya-upaya yang lebih sistematis dan terintegrasi serta berkelanjutan untuk mengatasi problematika tersebut diantaranya, dengan meningkatkan jumlah tenaga pengajar, mengalokasikan dana yang cukup, dan mendorong partisipasi aktif guru, diharpakan kualitas supervisi berbasis pembelajaran efektif dapat ditingkatkan secara signifikan dengan begitu kualitas pembelajaran pada lembaga pendidikan akan meningkat.